Assalamualaikum wr.wb

Ini adalah artikel saya yang kedua,kali ini saya akan membahas tentang Mirotik, tentang apa itu Mikrotik?,Fungsi Mikrotik,Jenis-jenis Mikrotik,Sejarah Singkat  Mikrotik dan kelebihan kekurangan Mikrotik, Oke tidak usah basa basi lagi langsung saja cekidot 🙂

Apa itu Mikrotik?

Mikrotik adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer manjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk IP network dan jaringan wireless, cocok digunakan oleh ISP, provider hotspot dan warnet.

Mikrotik didesain untuk mudah digunakan dan sangat baik digunakan untuk keperluan administrasi jaringan komputer seperti merancang dan membangun sebuah sistem jaringan komputer skala kecil hingga yang kompleks sekalipun.
Belakangan ini banyak usaha warnet yang menggunakan mikrotik sebagai routernya, dan hasilnya mereka merasa puas dengan apa yang diberikan mikrotik. Terlebih kemajuan dunia wireless yang menyajikan berbagai macam pelayanan mulai melirik benda yang satu ini. Berbagai fitur ditawarkan pada mikrotik diantaranya :

  • Firewall dan NAT
  • Routing – Static routing
  • Data Rate Management
  • Hotspot
  • Point-to-Point tunneling protocols
  • Simple tunnels
  • IPsec
  • Web proxy
  • Caching DNS client
  • DHCP
  • Universal Client
  • VRRP
  • UPnP
  • NTP
  • Monitoring/Accounting
  • SNMP
  • MNDP
  • Tools

Fungsi Mikrotik

  1. Pengaturan koneksi internet dapat dilakukan secara terpusat dan memudahkan untuk pengelolaannya.
  2. Konfigurasi LAN dapat dilakukan dengan hanya mengandalkan PC Mikrotik Router OS dengan hardware requirements yang sangat rendah.
  3. Blocking situs-situs terlarang dengan menggunakan proxy di mikrotik.
  4. Pembuatan PPPoE Server.
  5. Billing Hotspot.
  6. Memisahkan bandwith traffic internasional dan local, dan lainnya.

Jenis-jenis Mikrotik

Jenis mikrotik ini di bedakan dari bentuknya, software atau hardware, software adalah mikrotik yang berbetntuk sistem operasi sehingga kita bisa mengsintalnya di komputer desktop / laptop, sedangkan haedware adalah mikrotik yang berbentuk sebuah alat, bentuknya seperti router pada umumnya, berikut penjelasan lengkapnya:

1.Mikrotik Router OS

8

Versi Mikrotik ini berbentuk software yang dapat di instal di komputer, melalui CD. Untuk mendapatkannya kita dapat mendownloadnya di situs resmi mikrotik (Mikrotik.com) dalam bentuk CD Image atau ISO, namun file mikrotik ini hanya versi trial saja, kita hanya dapat menggunakannya dalam kurun waktu 24 Jam pemakaian , jika kita ingin menggunakannya full time, kita harus membeli lisensi key dengan catatan satu lisensi key hanya untuk satu hardisk. Mikrotik jenis ini biasanya di gunakan sebagai media untuk pembelajaran.

2.Built In Hardware Mikrotik

ca450-logo

Mikrotik versi ini berbentuk hardware yang khusus dikemas dalam bentuk Router Board yang di dalamnya sudah terinstal Mikrotik Router OS bersama lisensi keynya. sehingga dalam konfigurasinya kita hanya perlu satu komputer untuk meremotenya.

Sejarah Mikrotik

Mikrotik pertama kali digagas pembuatannya pada tahun 1996 oleh dua orang hebat bernama John dan Arnis. Kedua orang ini berasal dari Negara Moldova tepatnya kota Riga, sebuah negara pecahan Uni Soviet. Kedua orang tersebut memulai sejarah Mikrotik dengan membangun sebuah perangkat hasil dari perpaduan antara 2 buah sistem operasi (Linux dan MS DOS) dan teknologi Wireless LAN atau WLAN Aeronet yang memiliki kecepatan 2Mbps.

Misi besar kedua orang tersebut mulai menemui titik terang setelah ada 5 konsumen di Latvia. Misi besar mereka adalah membuat suatu sistem operasi untuk router, bukan hanya membuat wireless ISP (WISP) seperti yang telah mereka lakukan pada awal sejarah mikrotik di atas. Lambat laut mimpi mereka terwujud dengan dibantu beberapa staf berjumlah 5-15 orang. Mereka mengembangkan OS Mikrotik untuk router tersebut menggunakan Linux, Linux dengan kernel 2.2 adalah yang mereka pergunakan pertama kali untuk membangun Mikrotik RouterOS. Dan hingga kini Mikrotik terus berkembang dan kepopulerannya ini dibuktikan dengan banyaknya pengguna sistem operasi router Mikrotik di beberapa negara berkembang di dunia

Kelebihan dan Kekurangan Mikrotik

a.    Kelebihan
Yang Anda harus ketahui, bahwa Mikrotik ini mempunyai sebuah operating system yang disebut dengan Router OS. Sistem tersebut dibangun dengan menggunakan linux yang sifatnya open source, sehingga terbilang harganya yang murah dan terjangkau. Kemudian dengan menggunakan mikrotik ini, bisa mendeteksi berbagai macam ethernet dari vendor yang ada, sehingga penggunaan dari mikrotik ini tergolong user friendly, dan tidak menyebabkan kesulitan yang berarti.

b.    Kelemahan
Untuk kekurangan dari Mikrotik ini adalah belum mampu menangani sebuah jaringan internet dalam skala besar, karena sertifikasi yang dikeluarkan merupakan sertifikasi yang kurang begitu terkenal tidak seperti halnya dengan cisco yang sertifikasi nya diakui oleh internasional, sehingga hal ini yang menjadikan mikrotik mempunyai kekurangan.

Demikian artikel tentang sekilas Mikrotik dari saya jika ada kesalahan penulisan maupun kesalahan yang lainnya mohon dimaafkan.Terima Kasih

Wassalamualaikum.wr.wb

Sumber: http://www.bluespedia.xyz/2016/04/sejarah-perkembangan-dan-jenis-jenis.html http://faizal.student.mercubuana-yogya.ac.id/mengenal-tentang-kelebihan-dan-kekurangan-mikrotik-router-os/ http://salmantkj48.blogspot.co.id/2015/02/pengertian-mikrotik-fungsinya.html http://www.mandalamaya.com/sejarah-mikrotik/

Iklan